Sinar Wonosobo, Perahu Sekolah di Kampung Laut Resmi Beroperasi

Pendidikan

Sinar Wonosobo, Perahu Sekolah di Kampung Laut Resmi Beroperasi

Samudera Peduli meresmikan perahu sekolah "Sinar Winosobo" yang merupakan perahu sekolah ke-4 dengan daerah operasional di Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah sebagai transportasi sekolah murid sekolah SDN Ujungalang 01 dan SDN Ujungalang 03

Sebagai komitmen Samudera Indonesia dalam mengupayakan kesetaraan akses masyarakat terhadap pendidikan, Samudera Peduli didukung oleh PT Samudera Energi Tangguh dan PT Perusahaan PT Perusahaan Pelayaran Nusantara Panurjwan (PPNP) meresmikan Perahu Sekolah “Sinar Wonosobo” dengan rute pulang-pergi (PP) Dermaga Kali Sema dan SDN Ujungalang 01 Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah pada hari Selasa, 4 Oktober 2022. Acara peresmian dihadiri oleh Direksi Samudera Indonesia Peduli, Perangkat Desan dan Kecamatan, Guru dan Komite Sekolah SDN Ujungalang 01 dan SDN Ujungalang 03, serta murid-murid pada kedua sekolah tersebut.

Sinar Wonosobo merupakan perahu sekolah bantuan Samudera Indonesia Peduli di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Sebelumnya, anak-anak di Kali Sema hanya bisa berjalan kaki yang menempuh waktu hingga 1 jam. Hingga pada tahun 2010, nelayan lokal, Pak Tarjono menyediakan perahu sekolah dengan biaya Rp4000 untuk sekali pulang-pergi. Kondisi perahu sekolah tersebut pun sudah dapat dikatakan tidak layak karena keterbatasan biaya untuk melakukan perbaikan dan perawatan kapal. Pak Tarjono sendiri telah wafat di awal tahun 2022 dan digantikan oleh anaknya, Pak Lastowo yang kini menjadi Kru Perahu Sekolah Sinar Wonosobo.

Dengan adanya Sinar Wonosobo yang memiliki kapasitas hingga 30 anak, siswa kelas 1 dan 2 SDN Ujungalang 01 yang bersekolah di SD Filial yang berlokasi di Kali Sema dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar di SD pusat dengan menggunakan perahu sekolah yang aman dan nyaman. Selain itu, untuk mempermudah aksesibilitas dalam proses pengantaran dan penjemputan siswa, Samudera Peduli juga memperbaiki dermaga di Kali Sema dan dermaga SDN Ujungalang 01. Penambahan CCTV, pagar, dan tali tambat permanen dimaksudkan agar meningkatkan keamanan keamanan siswa dan perahu sekolah saat berlabuh di dermaga.

Peresmian ini menandakan bahwa Samudera Indonesia telah memiliki 4 perahu sekolah yaitu Sinar Way Kambas di Desa Loa Kumbar, Kalimantan Timur; Perahu Sekolah Sinar Waisai di Muaragembong, Kab. Bekasi, Jawa Barat; dan Perahu Sekolah Sinar Wakatobi di Telong Elong – Gili Belek, Lombok Timur. Samudera Indonesia melalui Samudera Indonesia Peduli, masih dan akan terus berkomitmen dalam mendukung pemerataan akses terhadap pendidikan untuk masyarakat pesisir, demi pemenuhan hak dasar pendidikan masyarakat Indonesia.
Nama Jumlah Dukungan

Ingin Bertanya?