Serah Terima Prefab Ruang Bedah Darurat di RSUD Undata, Palu

Kemanusiaan & Bencana Alam

Serah Terima Prefab Ruang Bedah Darurat di RSUD Undata, Palu

Samudera Indonesia Peduli menyerahkan Bangunan Ruang Bedah Darurat Prefabrikasi kepada Perhimpunan Spesialis Bedah Saraf Indonesia (PERSPEBSI) di RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah

Samudera Indonesia Peduli bersama PERSPEBSI merancang ruang bedah darurat berukuran 6X6m yang dilengkapi dengan ruangan berukuran sama untuk ruangan perawatan intensif pasca operasi. Kedua ruangan tersebut. diletakkan berdampingan dengan standar yang memungkinkan ruangan tetap dalam keadaan steril dan aman untuk kegiatan bedah saraf. Ruangan dilengkapi dengan AC, lampu penerangan, tempat cuci tangan, dan ramp untuk kemudahan keluar-masuk peralatan. Dibuatnya bangunan darurat ini adalah untuk memenuhi permintaan dari PERSPEBSI karena adanya kekhawatiran tim dokter di RS UNDATA melakukan tindakan bedah di ruang bedah yang ada saat itu. Para dokter dan paramedis sangat trauma untuk melakukan tindakan operasi di ruang bedah yang dalam keadaan rusak dan terpaksa melakukan tindakan operasi di lantai dasar yang tidak steril dan juga trauma bila ada gempa susulan.

Bekerjasama dengan PERSPEBSI dan PT Samudera Sarana Logistics, bangunan ruang bedah Prefab yang telah selesai dibuat, kemudian diangkut, menggunakan Hercules milik TNI AU, dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada Kamis, tanggal 1 November 2018. Prefab bersama tenaga ahli dari Jakarta tiba di Bandara Mutiara SIS Al Jufrie, Palu, yang masih mengalami kerusakan akibat gempa. Ruang bedah Prefab mulai dirakit di halaman RS UNDATA pada hari Jumat, 2 November 2018. Seminggu kemudian, Kamis, 8 November 2018 Ruang bedah darurat ini diserahkan kepada pihak RSUD Undata dan mulai beroperasi pada hari yang sama.

Hadir pada acara serah terima sederhana dan ringkas antara lain Kepala Dinas Kesehatan Palu (Ibu Dr. Reny Ardiawati Lamadjido Sp.PK. M.Kes), Direktur RS Undata (Bapak dr. I Komang Adi Sujendra, Ketua Tim dari PERSPEBSI (Dr. dr. Wawan Mulyawan Sp.BS), Wakil Sekretaris Umum PERSPEBSI (Dr. Zainy Hamzah Sp.BS), PT Samudera Sarana Logistik (Bapak Bayu), Samudera Indonesia Peduli (Ibu Maya Diah Srimayawati).

Pada acara tersebut, Ibu Maya menyerahkan ruang bedah kepada Dr. Wawan, diikuti sambutan dari Ibu Reny, Bapak Wawan dan Ibu Maya. Selesai acara serah terima, para tamu berkesempatan melihat dari dekat ruang bedah darurat prefab yang telah dilengkapi pihak RS Undata dan PERSPEBSI dengan meja bedah dan alat-alat bedah. Setelah upacara serah terima, para tamu berkesempatan untuk melihat dari dekat ruang bedah darurat prefab yang sudah dilengkapi oleh Rumah Sakit Undata dan PERSPEBSI dengan meja bedah dan instrumen bedah.
Nama Jumlah Dukungan

Ingin Bertanya?