Samudera Indonesia Peduli Salurkan Bantuan untuk Bencana Banjir Serang

Kemanusiaan & Bencana Alam

Samudera Indonesia Peduli Salurkan Bantuan untuk Bencana Banjir Serang

Samudera Peduli bergerak untuk memberikan bantuan dalam bentuk perlengkapan istirahat kepada para korban bencana banjir di Kota Serang, Banten sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak.

Banjir kembali melanda Kota Serang, Banten, pada Senin, 1 Maret 2022 lalu, dan telah merendam pemukiman warga hingga setinggi dada orang dewasa. Banjir yang disebabkan oleh hujan dengan intesitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang ini, nyaris merendam hampir seluruh Kota Serang dan merupakan banjir yang paling parah setidaknya dalam kurun 20 tahun terakhir. Berdasarkan data yang dihimpun Pemerintah Kota Serang, terdapat 43 titik banjir di 6 kecamatan di Kota Serang. Terhitung 1.500 rumah terendam banjir, sehingga 3.500 orang harus mengungsi di penampungan yang telah disiapkan. Setelah air sudah mulai menyurut, para warga kembali ke rumah mereka masing-masing untuk memulai membersihkan tempat tinggal mereka. Namun banyak harta benda yang tidak dapat terselamatkan dan sudah tidak bersisa karena rusak maupun hanyut terbawa banjir. Bahkan untuk beristirahat pun mereka tidak memiliki bantal, kasur, dan selimut.

Di masa pemulihan pasca bencana banjir ini, Samudera Indonesia Peduli melalui Filantra, bergerak untuk memberikan bantuan kepada para korban bencana banjir di Kota Serang, Banten sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak. Pada hari Kamis, 10 Maret 2022, sejumlah 60 paket bantuan telah disalurkan kepada 60 kepala keluarga yang berada di Kampung Karang Sambung RT 03 RW 04, Kelurahan Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Bantuan yang diberikan berupa satu set selimut, bantal, dan kasur lipat/kasur palembang baru untuk menggantikan peralatan tidur yang rusak akibat banjir.

“Terima kasih Samudera Indonesia, kami senang menerima bantuan ini karena sangat kami butuhkan. Terima kasih. Semoga sukses Samudera Indonesia juga Filantra yang menyalurkan bantuan ini,” ucap Satinah, salah satu warga penerima manfaat di Kampung Karang Sambung. Dengan disalurkannya bantuan logistik ini, diharapkan dapat membantu warga dalam memenuhi kebutuhan logistik di tengah kondisi pasca banjir sehingga para warga dapat terjaga dalam kondisi sehat dan dapat beristirahat dengan baik.

Semoga bantuan yang telah disalurkan dapat bermanfaat dan menjadi berkah bagi para korban terdampak khususnya di Kampung Karang Sambung, Kota Serang, Banten, dan masyarakat terdampak dapat segera pulih dan dapat beraktivitas kembali seperti semula.
Nama Jumlah Dukungan

Ingin Bertanya?