Samudera Indonesia Peduli Salurkan Bantuan Kesehatan untuk Korban Gempa Pasaman

Kemanusiaan & Bencana Alam

Samudera Indonesia Peduli Salurkan Bantuan Kesehatan untuk Korban Gempa Pasaman

Samudera Indonesia Peduli berinisiatif untuk membantu masyarakat terdampak Gempa agar bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah pengungsian.

Telah terjadi bencana gempa bumi bermagnitudo 6.1 SR, tepatnya di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat yang menimbulkan banyak kerusakan dan memakan korban jiwa. Bencana ini berlangsung pada pagi hari Jumat, 25 Februari 2022. Berdasarkan data yang didapat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat korban jiwa sebanyak 11 orang, 4 orang hilang, luka berat 42 orang, luka ringan 346 orang, dan korban mengungsi di 35 titik mencapai 13.000 orang. Beberapa kerusakan menimpa rumah warga, fasilitas pendidikan, tempat ibadah, fasilitas kesehatan, dan fasilitas umum lainnya.

Hingga pada fase pemulihan, banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan, khususnya dalam mendapatkan layanan kesehatan. Samudera Indonesia Peduli berinisiatif untuk membantu masyarakat terdampak agar bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah pengungsian. Bantuan ini didasari laporan relawan di lapangan yang menyebutkan bahwa banyak masyarakat yang sakit, terutama seperti demam, diare, gatal-gatal, hingga hipertensi.

Samudera Indonesia Peduli melalui Yayasan Salam Aid Nusantara bergerak bersama untuk mendirikan posko layanan kesehatan. Di posko tersebut, terdapat berbagai macam obat-obatan dan layanan konsultasi gratis oleh tenaga kesehatan. Posko layanan kesehatan didirikan di dua titik yaitu di Kampung Guguang Jorong 1 dan Kampung Siparayo Jorong 1 dengan total penerima manfaat sebanyak 100 orang yang mendapatkan akses obat-obatan dan layanan konsultasi kesehatan gratis. Selain itu, untuk menjaga imunitas anak-anak yang terdampak di wilayah bencana, Samudera Indonesia juga menyalurkan 100 paket makanan sehat dan vitamin di dua lokasi, yaitu di Kampung Aung Jorong 1 Siparayo, Tigo Nagari dan Jorong Timbo Abu Nagari Kajai, Talamu.

Harapannya dengan penyaluran bantuan ini dapat membantu masyarakat di wilayah terdampak bencana agar bisa tetap hidup sehat di wilayah pengungsian hingga masyarakat bisa secara bertahap kembali ke kondisi normal.
Nama Jumlah Dukungan

Ingin Bertanya?