Samudera Indonesia Peduli Bantu Korban Banjir di Kalimantan Selatan

Kemanusiaan & Bencana Alam

Samudera Indonesia Peduli Bantu Korban Banjir di Kalimantan Selatan

Samudera Indonesia Peduli bergerak memberikan bantuan pangan dan satu unit perahu karet yang dilengkapi perlengkapan keselamatan sebagai langkah Emergency Response kepada para penyintas bencana banjir di Kalimantan Selatan.

Tingginya curah hujan pada awal November 2021 – Januari 2022 mengakibatkan beberapa wilayah di Kalimantan Selatan terendam banjir. Adapun wilayah yang terdampak mencakup Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Balangan, Tabalong, Tapin, Kabupaten Banjar. Banjir pun merendam belasan ribu unit bangunan yang terdiri dari rumah warga, tempat ibadah, bangunan sekolah, perkantoran, dan fasilitas kesehatan.

Warga yang terdampak pun memilih untuk tetap tinggal di rumah masing-masing dengan mengandalkan “katil” (tempat tidur kayu) sebagai tempat beristirahat sekaligus tempat menyimpan barang berharga. Walaupun saat ini banjir mulai surut di beberapa titik, kondisi perekonomian warga pasca bencana belum sepenuhnya pulih. Pasalnya, banjir yang terjadi kerap merendam sumber perekonomian masyarakat. Maka dari itu, Samudera Indonesia Peduli melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan bergerak memberikan bantuan pangan sebagai langkah Emergency Response kepada para penyintas bencana banjir di Kalimantan Selatan.

Selain memberikan bantuan pangan, Samudera Indonesia Peduli melalui Yayasan Kaki Kota juga memberikan bantuan berupa satu unit perahu karet yang dilengkapi perlengkapan keselamatan. Bantuan ini diberikan sebagai wujud kepedulian Samudera Indonesia membantu masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir. Perahu karet tersebut akan dipergunakan para relawan dalam melaksanakan kegiatan tanggap bencana di wilayah Kalimantan Selatan.

Semoga bantuan tersebut dapat meringankan beban para penyintas dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dalam aktivitas tanggap bencana.
Nama Jumlah Dukungan

Ingin Bertanya?