Peresmian Taman Baca Samudera di Muaragembong

Pendidikan

Peresmian Taman Baca Samudera di Muaragembong

Peresmian Taman Baca Samudera yang terletak di kantor Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dilaksanakan pada Sabtu, 14 Desember 2019. Peresmian ini dimeriahkan dengan lomba mewarnai dan menggambar kategori SD dan penampilan dari marching band Gema Srikandi MTS Nurul Ihsan.

Samudera Indonesia Peduli baru saja meresmikan salah satu programnya di bidang pendidikan, yaitu Taman Baca Samudera. Taman Baca Samudera ini adalah taman baca yang pertama dibuat Samudera Indonesia Peduli menggunakan berbentuk portacamp dengan menggunakan container 40ft dan 20ft yang disusun secara vertikal. Program ini dibuat dengan mempertimbangkan adanya kebutuhan akan buku dan hasil survei yang menunjukkan minat baca yang begitu tinggi di kalangan anak-anak di Muaragembong. Taman Baca Samudera dari Portacamp ini juga sejalan dengan gambaran lini bisnis Samudera di bidang logistik.

Samudera Indonesia Peduli bekerja sama dengan Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar di taman baca ini. Adapun untuk program ini dapat diwujudkan melalui kerjasama dan bantuan bisnis unit di Samudera Indonesia yaitu PT Tangguh Jaya Samudera (PT TJS) sebagai donatur utama program, PT Tata Bandar Samudera (PT TBS) sebagai pelaksana eksekusi pengiriman dan instalasi portacamp, serta desain kerjasama dari PT TBS dan Samudera Properti Indonesia. Tim dari Divisi Corporate Communications mensupervisi pewarnaan, penempatan logo, dan mural di bagian eksterior dan interior. Hasilnya adalah sebuah disain taman baca yang sangat menarik perhatian anak-anak dan orang di Muaragembong. Dengan mengusung tema maritim, sebanyak 30% buku-buku yang ada bertema dunia kelautan, interior Taman Baca Samudera pun dilengkapi dengan board game ular tangga dan mural yang dihias dengan kapal-kapal baik Kapal Samudera dan Kapal Tradisional. Harapannya dengan adanya Taman Baca Samudera akan memunculkan minat dan pengetahuan anak-anak terhadap dunia kelautan dan maritim. Hal ini nantinya diperkuat juga dengan program kelas inspirasi mengundang yang akan dihadirkan setiap periode tertentu.

Peresmian Taman Baca Samudera hari Sabtu, 14 Desember 2019 pun dimeriahkan dengan lomba mewarnai dan menggambar untuk anak-anak, serta penampilan marching band Gema Srikandi Drum Corps dari MTS Nurul Ihsan. Lomba mewarnai dan menggambar diikuti oleh siswa/siswi dari perwakilan Sekolah Dasar (SD) yang berada di sekitar kantor Kecamatan Muaragembong. Lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori kelas 1 -3 SD dan kategori kelas 4 – 6 SD. Setiap sekolah mendelegasikan siswa/siswinya masing – masing dua anak untuk setiap kategori. Jumlah peserta lomba sebanyak 40 anak dari 10 SD. Hadiah pun disiapkan untuk para pemenang masing-masing kategori, Juara 1 mendapat sepeda; Juara 2 mendapat meja belajar; dan Juara 3 mendapat satu set tas dan perlengkapan sekolah.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 dengan lomba mewarnai dan menggambar hingga pukul 12.00, setelah itu dilanjutkan dengan makan siang dan pembukaan acara dengan sambutan, doa bersama, dan peresmian Taman baca Samudera. Lalu pengumuman pemenang dan ditutup dengan foto bersama. Peresmian ini dihadiri oleh pejabat setempat (Camat Muaragembong, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bekasi beserta jajarannya), komunitas taman baca di Muaragembong, dan para pimpinan Samudera Indonesia. Dalam peresmian ini juga dilakukan tour keliling taman baca. Taman Baca Samudera rencana akan aktif beroperasi mulai tanggal 7 Januari 2020 yang akan dibuka dengan jadwal seminggu 3 kali dengan kelas-kelas yang menarik.

Harapannya, taman baca ini dapat berguna untuk masyarakat sekitar terutama anak-anak sekolah dan dapat berkembang untuk terus mengedukasi anak-anak bangsa, serta program ini dapat diduplikasi ke seluruh Indonesia.

Samudera Indonesia Peduli

(Teks: Najla Putri Salma, Editor: Rismeita Fitri)
Nama Jumlah Dukungan

Ingin Bertanya?