Pengiriman dan Perakitan Ruang Bedah Darurat untuk RSUD Undata, Palu

Kemanusiaan & Bencana Alam

Pengiriman dan Perakitan Ruang Bedah Darurat untuk RSUD Undata, Palu

Komponen ruang bedah darurat prefabrikasi terbuat dari sandwich panel siap diterbangkan ke Palu dan siap dibangun di RSUD Undata, Palu

Pasca Gempa dahsyat di Palu, Sigi dan Donggala pada September 2018, Samudera Indonesia Peduli bekerja sama dengan Perhimpunan Spesialis Bedah Saraf Indonesia (PERSPEBSI) sebuah organisasi di bawah Ikatan Dokter Indonesia (IDI), siap membantu masyarakat Palu bangkit dari bencana. Bantuan berupa ruang bedah dan ruang perawatan intensif prefabrikasi (prefab) yang terbuat dari sandwich panel sudah siap di pabriknya di kawasan industri Tangerang. Pada tgl. 31 Oktober 2018 malam, satu truk milik PT Samudera Perdana, bermuatan penuh komponen prefab dikirim ke Bandara Halim Perdanakusuma.

Keesokan harinya, tgl. 1 November 2018 seluruh komponen bangunan prefab diterbangkan dengan pesawat Hercules milik TNI AU. Pesawat tiba dengan selamat di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu yang masih rusak. Pada sore harinya, komponen bangunan prefab sudah tiba di halaman RS Undata.

Pagi hari tgl. 2 November 2018, teknisi dari pabrik pembuat prefab dibantu pasukan dari TNI AU, mulai memasang komponen bagian dasar bangunan di halaman RSUD Undata, Palu. Selanjutnya selama lima hari berikutnya, para teknis dari pabrik menyelesaikan pemasangan dan pembangunan seluruh unit ruang bedah dan ruang perawatan intensif.

Bangunan akhirnya selesai dirakit dan siap untuk diserahterimakan dari Samudera Indonesia Peduli kepada Perhimpunan Spesialis Bedah Saraf Indonesia (PERSPEBSI) pada tgl. 8 November 2018. Pada hari yang sama bangunan sudah bisa difungsikan untuk ruang bedah darurat.
Nama Jumlah Dukungan

Ingin Bertanya?