Peluncuran Perahu Sekolah Sinar Wakatobi di Muaragembong

Pendidikan

Peluncuran Perahu Sekolah Sinar Wakatobi di Muaragembong

Pada tahun 2017 lalu, Samudera Indonesia Peduli menginisiasi program Perahu Sekolah. Program ini merupakan wujud kepedulian Perusahaan kepada anak-anak di area pemukiman dekat sungai dan/atau kepulauan di Indonesia yang memiliki keterbatasan ekonomi dan mengalami kesulitan akses transportasi untuk pergi dan pulang sekolah.

Sedianya program ini diharapkan akan terus berlanjut dengan jumlah perahu yang semakin bertambah menyebar ke seluruh pelosok Indonesia. Perahu Sekolah pertama, bernama Sinar Wakatobi, akan beroperasi di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Muara Gembong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kecamatan ini merupakan kecamatan dengan wilayah dan juga kecamatan paling ujung di Kabupaten Bekasi.

Berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Teluk Jakarta di barat, Kabupaten Karawang di timur, dan kecamatan Babelan di selatan. Lokasi sekolah-sekolah disana yang terletak di pinggir sungai membuat transportasi perahu ini menjadi andalan warga untuk mengantar anak sekolah maupun beraktifitas. Wilayah ini sering terkena banjir dan abrasi parah membuatnya menjadi lokasi yang layak untuk dibantu.

Bertempat di Dermaga Serbaguna Muaragembong, dilaksanakan acara peluncuran Perahu Sekolah Sinar Wakatobi pada tanggal 10 April 2018. Selain acara peluncuran perahu, di hari yang sama digelar juga Bakti Sosial Samudera Indonesia berupa pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis untuk masyarakat Muaragembong. Bekerjasama dengan Dokter Perusahaan dan LKU An Nashr pengobatan ini berlangsung dari pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore.

Masyarakat tampak sangat antusias menyambut baik kegiatan ini. Mereka berbondong- bondong menuju kantor Kecamatan Muaragembong untuk memeriksakan kesehatan. Terlihat dari sebelum jam pendafataran berakhir, jumlah kuota masyarakat yang melakukan pemeriksaan sudah memenuhi kuota.

Si Tobi begitulah nama panggilan untuk perahu sekolah ini. Dengan panjang 9 meter dan lebar 2,15 meter, Si Tobi mampu mengangkut 20 anak sekolah untuk sekali jalan. Saat menuju dermaga, Si Tobi sudah disambut dengan sukacita oleh anak-anak sekolah dari SDN Anugerah yang menjadi inspirasi awal lokasi perahu sekolah pertama di Muaragembong ini. Dengan dihadiri oleh Direktur Yayasan Samudera Indonesia Peduli, Sekretaris Kecamatan Muaragembong, Perangkat Desa Setempat serta disupport dengan kehadiran Direktur Unit Bisnis Samudera Indonesia beserta tamu undangan, kehadiran perahu sekolah yang sedianya akan aktif beroperasi tanggal 16 Juli 2018 ini optimis akan bermanfaat positif bagi anak-anak sekolah khususnya dan masyarakat Muaragembong pada umumnya.
Nama Jumlah Dukungan

Ingin Bertanya?