Komitmen Samudera Peduli dalam Pelestarian Lingkungan dengan Tanam 5 Ribu Mangrove di Kampung Beting

Pelestarian Lingkungan Hidup

Komitmen Samudera Peduli dalam Pelestarian Lingkungan dengan Tanam 5 Ribu Mangrove di Kampung Beting

Samudera Peduli melibatkan masyarakat lokal dan karyawan Samudera Indonesia menanam 5000 mangrove di Kampung Beting, Muaragembong, Jawa Barat

Hutan mangrove berfungsi sebagai pelindung kawasan pantai dari sedimentasi, abrasi, penahan badai dan angin yang bermuatan garam, serta mampu menurunkan emisi karbon. Secara ekologis hutan mangrove berperan sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya. Mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat sebagai nelayan penangkap ikan, udang, kepiting dan lainnya. Penanaman mangrove oleh Samudera Peduli merupakan acara pembuka dari rangkaian Program Samudera Green Movement dimana Samudera Indonesia berkomitmen untuk turut serta melestarikan lingkungan hidup.

Samudera Mangrove Planting yang berlokasi di Kampung Beting, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bekerja sama dengan Badan Wakaf Al Quran (BWA) merupakan upaya nyata Samudera Peduli dalam pelestarian lingkungan hidup dengan menanam 5.000 bibit mangrove. Kegiatan ini didasari dengan keprihatinan terhadap abrasi yang terjadi di daerah pesisir Kampung Beting, Muara Gembong. Acara ini juga merupakan employment volunteering dengan mengikutsertakan para karyawan dari berbagai unit bisnis Samudera Indonesia untuk bersama sama menanam bibit mangrove. Jenis mangrove yang ditanam pada Samudera Mangrove Planting kali ini adalah Rhizopora mucronata.

Acara dimulai dari Kantor Kecamatan Muara Gembong untuk berkumpul bersama serta melakukan safety induction lalu dilanjutkan menuju lokasi penanaman bibit mangrove mengarungi sungai Citarum dengan menggunakan perahu salah satunya adalah Perahu Sekolah Sinar Waisai. Penanaman 5.000 mangrove sudah berlangsung dari dua hari sebelumnya dibantu oleh rekan-rekan Pokdarwis Alipbata dengan penanaman sebanyak 4.900 mangrove sedangkan 100 mangrove ditanam oleh employment volunteer Samudera Peduli pada kegiatan seremonial penanaman mangrove di Kampung Beting (01/10). Penanaman bibit mangrove berlangsung meriah dan penuh dengan antusiasme dari peserta terutama karyawan PT Samudera Indonesia. Acara ditutup dengan makan bersama dan pembagian door prize untuk para peserta yang mengikuti acara Samudera Mangrove Planting.

"Alhamdulillah, acara terlaksana dengan baik dan penuh dengan antusias dari peserta yang hadir terutama para karyawan dari PT Samudra Indonesia. Karena sejalan dengan komitmen Samudera Indonesia yang begitu besar terhadap isu pelestarian lingkungan terutama di area pesisir yang memang terjadi abrasi. Dengan terselenggaranya kegiatan penanaman 5.000 bibit tanaman mangrove, tuntas sudah acara yang kami lakukan hari ini. Ke depan masih menjadi tugas kita bersama untuk terus bersinergi dalam kebaikan, salah satunya membantu masyarakat di Kampung Beting agar terhindar dari abrasi yang mengancam kehidupan dan tempat tinggal merekai," ungkap Ibu Nadya Anette, selaku Direktur Pengelola Samudera Peduli.

Samudera Peduli berharap dengan penanaman bibit mangrove ini diharapkan dapat memperbaiki ekosistem mangrove yang ada di pesisir Kampung Beting dan mengurangi dampak abrasi yang terjadi di Kampung Beting. Dengan begitu, diharapkan para petani tambak bisa kembali memulai usahanya, dan lingkungan tempat tinggal mereka kembali menjadi layak huni.
Nama Jumlah Dukungan

Ingin Bertanya?